Sabtu, 15 Oktober 2016

// // 6 comments

5 Jenis Semut "Unik" di Dunia.

5 Jenis Semut "Unik" di Dunia.
Hai Kembali sahabat Ramaunik! πŸ˜€ Di Postingan yang kesembilan ini kita akan membahas mengenai binatang yang sering kita temui sehari - hari. Yaitu semut. Makhluk kecil ini sangat menarik dan mungkin "lucu" tapi ada beberapa jenis semut yang "Unik" semut apa itu? Kita bahas tuntas di

5 Jenis Semut "Unik" di Dunia

Semut seringkali kita sebut sebagai binatang yang tidak terlalu berbahaya, padahal beberapa jenis semut dari jutaan semut di dunia ini bisa sampai melukai parah bahkan hingga menyebabkan meninggal dunia.


1. Semut Mematikan (Semut Siafu)


Semut dikenal dengan hewan dengan rasa sosial yang sangat tinggi dan biasa hidup secara berkoloni. Namun dibalik rasa sosialnya itu Semut bisa saja membunuh lawannya termasuk manusia. Semut Siafu (Dorylus Nigricans) adalah semut yang hidup di bagian barat benua Afrika dan dapat ditemukan di Padang Savana atau Hutan Hujan. s.emut ini seringkali bergerak dari satu tempat ke tempat lain sesuai dengan adanya stok makanan yang mereka perlukan, dan mereka melakukannya pada malam hari. Selain itu mereka membangun formasi yang unik yaitu semut tentara mengapit atau menjaga Semut pekerja yang ada di tengahnya, seperti formasi pada tentara. 


Semut mematikan
Koloni Semut Siafu


Semut ini seringkali menyerang mangsa berukuran besar dalam strategi koloni, mangsa yang ditarget oleh semut Siafu adalah manusia dan hewan, contohnya seperti bayi yang ditinggal orang tuanya, orang sedang mabuk, atau orang yang sedang tidur. Sedangkan hewan yang sering dimakan oleh semut Siafu adalah katak, belalang atau hewan apapun yang memiliki banyak daging. Kekuatan yang digunakan oleh semut Siafu adalah tusukan, rahang yang sangat kuat dalam mencapit, dan robekkan yang sangat hebat. 


Semut Siafu
Gigitan Semut Siafu


Saking kuatnya rahang dari semut Siafu tidak akan lepas, sekalipun sudah dibunuh dengan cara memotong atau mencabut tubuhnya.


Semut siafu


Uniknya di Afrika Semut ini dimanfaatkan sebagai alat jahit luka darurat dan mereka bisa menjelajahi dunia dalam kecepatan 20 M/jam.


2. Semut Sengatan Tersakit


Bagaimana perasaan kulit sobat jika digigit semut? Pasti sakit sedikitkan? Bagaimana perasaan kulit sobat jika tertembus oleh peluru?
Semut yang satu ini siap menyengat mangsanya dengan kekuatan peluru.
Semut Peluru (Paraponera Clavata) adalah semut dengan sengat yang sangat menyakitkan di dunia. Selain itu, Semut ini juga memegang rekor sebagai salah semut terbesar di dunia. Dari namanya kita sudah bisa menduga bahwa sengatannya sama seperti ditembak peluru.


Ant Bullet
Bullet Ant (Semut Peluru)


Semut ini bisa ditemukan di Paraguay dan Nikaraguay dan biasa hidup dibawah dasar pohon. Tahukah sobat? Gigitan dari semut peluru ini 30 kali lebih sakit daripada sengatan tawon. Bisa dibayangkan betapa sakitnya? Dan rasa sakit yang ditimbulkan berupa panas bara api, denyutan kulit, dan terbakar selama minimal 24 jam. Selain itu efek yang ditimbulkan jika digigit antara lain, Tremor, menggigil, mual, pusing, berkeringat, dan peningkatan suhu yang drastis.


Ritual keberanian
Ritual SaterΓ©-MawΓ©


Suku SaterΓ©-MawΓ© menggunakan Semut Peluru sebagai alat ritual dimana anak yang baru menginjak dewasa setidaknya harus diuji keberaniannya dengan memasukkan tangannya kedalam kantung yang penuh dengan semut peluru. Ritual ini digunakan untuk membuktikan bahwa anak tersebut sudah siap untuk menikah dan memiliki keberanian yang tinggi.


3. Semut terkecil di Dunia.


Most little ant
Semut Terkecil di Dunia


Sobat seringkali menemukan Semut dengan ukuran kecil, nah kali ini ada yang lebih kecil dari yang terkecil. Ia adalah Carebara atoma. Sebetulnya ada banyak spesies semut dengan ukuran kecil di dunia, tapi untuk yang terkecil dipegang oleh Carebara atoma. Semut ini bahkan memiliki kepala dengan panjang 0.2 mm, sedangkan tubuhnya berukuran 1 mm.


4. Semut Terbesar di Dunia


Semut Unik
Semut Terbesar di Dunia


Apakah sobat masih ingat ukuran kecoa? Ya, itah ukuran Semut satu ini. Semut Dinoponera adalah semut terbesar di dunia dengan ukuran 3,7 cm. Rahangnya kuat dan taringnya sangat tajam, memang pada masa anak - anak Semut ini seukuran semut biasanya, namun menginjak dewasa Semut ini bisa memangsa serangga yang besar bahkan mencabik cabiknya. Semut ini bisa ditemui di Australia dan memiliki kebiasaan unik. Jika kita membagi dua tubuhnya secara vertikal, maka mereka masih bisa hidup beberapa jam dan akan berkelahi dengan tubuhnya sendiri sampai mati.


5. Semut Penghasil Kroto (Makanan Burung Kicau)


Semut Rangrang
Semut Penghasil Kroto (Semut Rangrang)


Sobat Ramaunik pasti kenal dengan semut satu ini, Semut Penghasil Kroto terkenal di kalangan pecinta burung yang larvanya digunakan sebagai makanan burung.
Benar sekali, ini adalah semut Rangrang.
Semut ini ada di benua Asia dan Afrika banyak sekali ditemukan di daerah tropis. Serangga ini bersifat menjaga tempatnya sendiri atau bersifat teritorial sehingga terkadang Semut ini juga memiliki sifat tempramental dan tidak segan menghabisi siapa saja yang berani mengganggu tempatnya. Dan yang paling unik Ratu Semut Rangrang bisa menghasilkan 1000 telur/menit.


Bagaimana sobat Artikel kali ini? Apakah sobat suka? Pembahasan mengenai

5 Jenis Semut Unik di Dunia

Terimakasih telah membaca 😁 

6 komentar:

  1. Pertamax10/15/2016

    Lanjutkan gan keep posting menarik sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih gan :) siap silahkan datang kembali

      Hapus
  2. Bawah ane tak kasih siafu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih gan :v ane dong. Ga apa apa deh. Silahkan berkunjung kembali

      Hapus
  3. Ahmad bin Hambal10/18/2016

    Semut Semut ni unik Yee.. kalau Semut Semut yang temu di rumah tuh apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastilah :) itu Semut rumahan biasa. Yang hitam hitamkan? Terimakasih Ahmad. Sila datang kembali

      Hapus

Hai Terimakasih sudah ingin mengomentari artikel ini 😁 segala komentar akan diterbitkan langsung. Silahkan berkunjung kembali.