Rabu, 12 Oktober 2016

// // 6 comments

5 Fakta Unik Kuku Manusia

5 Fakta Unik Kuku Manusia

Kuku yang Sehat
5 Fakta Unik Kuku Manusia: Kuku Sehat


Hai sobat Ramaunik! ๐Ÿ˜€ Apa kabar? Semoga kabar kalian baik semua. Di Postingan yang ketiga ini kita akan membahas mengenai Kuku kita loh. Ada apa sebenarnya dengan kuku kita? Penasaran fakta apa aja yang bisa kita lakuin dengan Kuku? Yuk baca




5 Fakta Unik Kuku Manusia.




1. Kuku Bisa Menjadi Indikator Penyakit.




Kuku bisa Memberi informasi Penyakit
Fakta Unik Kuku Manusia: Kuku Sebagai Indikator Penyakit


Bagaimana cara Kuku memberi tahu kalau ada penyakit di tubuh kita? Caranya sangat mudah sekali, perubahan warna kuku menunjukan ada sesuatu yang salah dalam tubuh. Namun jika perubahan warna itu karena perlakuan kasar atau bukan dari kondisi alami, seperti misalnya Kuku kamu terjepit pintu pada saat menutup dan berubah menjadi kebiru biruan. Maka ini tidak bisa dijadikan indikator kesehatan bagi tubuh kita. Apa saja indikator warna kuku itu?




Penyakit kuku
Kuku Merah Keungu unguan
Indikator Kuku ungu
Kuku berwarna ungu
Kuku Kuning berpenyakit
Kuku Kuning berpenyakit Hati


  • Kuku Merah, adanya perubahan Kuku warna merah secara alami ya bukan karena aktivitas eksternal, mengindikasi bahwa tubuh kita keracunan Karbon Monoksida (CO), Tekanan Darah Tinggi, Penyakit Jantung, Stroke, hingga penyakit Paru - paru. 
  • Kuku Ungu, pada kasus ini Kuku kita berusaha memberi tahu bahwa ada yang salah dengan supply oksigen di tubuh kita, alias kekurangan oksigen serta masalah pada peredaran darah.
  • Kuku Kuning, merupakan indikasi yang memberi tahu bahwa tubuh memiliki penyakit, tiroid, Paru - paru, penyakit hati, dan Diabetes. Sebetulnya masih banyak sahabat, tapi kita lanjut dulu pembahasan yang kedua.



2. Menggigit Kuku memperlambat Pertumbuhan Kuku.




Gigit Kuku kebiasaan
Ilustrasi Gigit Kuku


Iya memperlambat pertumbuhan, seringkali terutama wanita menggigiti bagian kuku ketika merasa gugup, tegang, atau khawatir akan sesuatu. Tentu saja hal ini tidak baik, selain karena kuku menyimpan bakteri yang banyak, dan kita gigit pada saat gugup maka bakteri akan pindah ke mulut dan tertelan. Menggigit Kuku juga menyebabkan pertumbuhan kuku menjadi terhambat, tentu saja hal ini karena adanya kerusakan pada kuku saat digigit, apalagi Kuku terbuat dari bahan yang sama seperti rambut, yaitu keratin. Namun kalau kita sering mengetuk Kuku secara pelan baik itu ke meja atau media lain, Kuku akan terangsang pertumbuhannya.



3. Bagian bawah kuku yang berbentuk bulan sabit.




Berbentuk bulan sabit dibawah kuku
Di bagian bawah kuku berbentuk bulan sabit: Lunula


Nah teman teman pasti ada yang belum tahukan namanya apa? Itu dinamakan Lunula.

Lunula adalah bagian matriks Kuku yang tampak dari luar. Lunula yang sehat berwarna transparan tentunya. Apakah teman tahu? Bahwa Lunula juga indikator kesehatan. Berikut indikatornya


  • Lunula Tidak ada pada semua jari mengindikasi penyakit anemia atau adanya malnutrisi.
  • Lunula berwarna biru pucat, memberi tahu penyakit diabetes melitus
  • Lunula Merah, mengindikasi penyakit jantung atau pembuluh darah.
  • Lunula berjumlah kurang dari 2, mengindikasi adanya penyusutan tubuh atau daya tahan tubuh berkurang.
  • Lunula Tidak ada sama sekali, maka mengindikasi penyakit ginjal
  • Lunula memiliki besar 1/5 ukuran kuku merupakan Lunula yang sehat



4. Kuku tangan lebih cepat tumbuh daripada Kuku kaki.




Kuku tangan lebih cepat dari Kuku kaki
Kuku tangan Lebih cepat Panjang dari Kuku Kaki


Sebuah penelitian di Amerika menyebutkan ada beberapa faktor yang menyebabkan pertumbuhan kuku di Tangan lebih cepat dari pada di kaki.

Ada yang mengatakan bahwa Kuku tangan sirkulasinya lebih baik daripada Kuku di kaki, sehingga keratin lebih cepat diproduksi untuk memanjangkan kuku. Ada yang mengatakan bahwa Kuku Manusia muda lebih cepat tumbuh, dan kuku perempuan lebih lambat tumbuh daripada laki - laki.
Namun ada juga yang mengatakan bahwa ada faktor genetika yang menentukan cepat lambatnya pertumbuhan kuku, namun yang pasti dari semua hipotesis itu menyatakan bahwa Kuku tangan lebih cepat tumbuh daripada Kuku kaki, sedangkan ditangan, kuku yang memiliki ruas jari lebih panjang maka pertumbuhannya lebih cepat, misalnya Kuku Jari tengah lebih cepat daripada telunjuk, Kuku jari manis lebih cepat daripada kelingking.


5. Kuku terpanjang di Dunia.




Kuku terpanjang di Dunia
Shidhrar Chillal Pemilik Kuku terpanjang di Dunia


Apakah Anda merasa ngeri membayangkannya? Saya juga, seorang pria di India yang dimarahi gurunya karena sering memelihara Kuku panjang, justru terus memanjangkan kukunya hingga usia 78 tahun, ia memeliharanya sejak 16 tahun. Maka total 62 tahun ia memanjangkan kukunya, namun ia hanya memelihara Kuku bagian tangan kiri. Namanya adalah Shridhar Chillal, Ia dinobatkan sebagai pria dengan kuku terpanjang di dunia oleh World Guinness Record. Saking panjangnya pertumbuhan kuku pun sampai Berbelit - belit. Berikut informasi panjang kukunya



  • Kuku Jari Kelingking 179 cm (1.79 m)
  • Kuku Jari Manis  181 cm (1.81 m)
  • Kuku Jari Tengah 186 cm (1.86 m)
  • Kuku Jari Telunjuk 164 cm (1.64 m)
  • Kuku Jari Jempol 200 cm (2.00 m)

Mengerikan sobat? Atau kagum? Bagaimana artikel kali ini? Jangan lupa datang kembali kesini ya dan terimakasih sudah membaca 

5 Fakta Unik Kuku Manusia ๐Ÿ˜

6 komentar:

  1. request dong fakta unik rambut pada manusia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh :) saya buatkan tetap update disini ya, terimakasih sudah datang

      Hapus
  2. Kuku sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Tria :) datang kembali

      Hapus
  3. Makasih kak Infonya sepertinya kuku saya sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Nana :) silahkan datang kembali

      Hapus

Hai Terimakasih sudah ingin mengomentari artikel ini ๐Ÿ˜ segala komentar akan diterbitkan langsung. Silahkan berkunjung kembali.