Selasa, 11 Oktober 2016

// // 4 comments

5 Hantu Paling Terkenal Di Indonesia

5 Hantu Paling Terkenal Di Indonesia
Hai Sahabat Ramaunik! ๐Ÿ˜€ Di Postingan pertama dari blog ini kita akan membahas hal mistik mengenai perwujudan Hantu Paling Terkenal Di Indonesia, yang mungkin sahabat pernah melihat? Atau merasakannya? Berikut


5 Hantu Paling Terkenal Di Indonesia


1. Pocong


5 Hantu Paling Terkenal Di Indonesia: Pocong
5 Hantu Paling Terkenal Di Indonesia: Pocong


Semua orang di Indonesia sudah biasa membayangkan betapa seramnya salah satu Hantu berbalut kain ini. Pocong adalah hantu yang terkenal di seluruh pulau Jawa, Pocong dipercaya adalah perwujudan dari sosok roh pria/wanita yang meminta untuk dibukakan ikatan dari tali pocongnya yang lupa tidak dibuka pada saat dikuburkan tapi lebih banyak dikaitkan dengan roh Pria, namun di beberapa lapisan masyarakat, tubuhnya dilapisi kain kafan berwarna putih, persis seperti cara membalut permen yang memiliki ikatan di kepala dan kaki. Pocong juga dipercaya adalah sosok dari manusia yang mati secara tidak wajar, seperti dibunuh, diperkosa, atau bunuh diri. Berbagai media mencoba untuk menggambarkan bagaimana wujud asli dari pocong sendiri. Namun macam - macam pengakuan orang menyebabkan pencitraan Pocong bermacam macam di mata masyarakat. Ada yang menggambarkan Pocong memiliki wajah bernanah dan berdarah darah dihinggapi belatung, ada juga yang katanya melihat bahwa wajahnya pucat sedangkan matanya hitam bulat. Lalu bagaimana cara Pocong berinteraksi? Dari pelbagai pengakuan orang yang katanya pernah melihat, Pocong bergerak dengan cara melompat lompat, Pocong bergerak terbang, dan Pocong muncul tiba - tiba. Lalu ciri dari Pocong itu muncul, biasanya diiringi suara kokokan Ayam malam hari, bau busuk yang menyengat, atau bau kemenyan, serta suhu yang dingin disertai naiknya bulu kuduk. Hiii... Cukup seram bukan? Apakah sahabat merasakannya? Atau pernah merasakannya?


2. Kuntilanak


5 Hantu Paling Terkenal Di Indonesia: Kuntilanak
5 Hantu Paling Terkenal Di Indonesia: Kuntilanak


Sosok hantu perempuan yang berciri khas rambut panjang ini memang cukup membuat bulu kuduk berdiri semua. Kuntilanak merupakan perwujudan dari arwah perempuan yang meninggal pada saat melahirkan namun bayinya belum sempat dilahirkan. Hantu ini terkenal di seluruh Melayu seperti Indonesia dan Malaysia. Hantu ini sering bergentayangan malam hari atau Maghrib, digambarkan dengan sosok wanita berambut panjang mengintai kabawah serta memakai baju putih panjang. Hantu ini mengancam Pria hidung belang yang digoda padahal darahnya akan dihisap menurut kepercayaan di Malaysia, namun di Indonesia dipercaya Hantu ini mengganggu pada wanita yang tengah hamil tua, atau pada bayi yang baru dilahirkan. Untuk mencegah semua gangguan itu, para orang tua percaya bahwa benda tajam seperti Paku, Gunting, Pisau, Jarum. Bisa menghalau kehadiran Kuntilanak, karena kuntilanak sangat takut terhadap benda tajam. Alhasil di beberapa daerah pelosok Indonesia, orang tua yang memiliki bayi seringkali menyimpan benda - benda tajam untuk mencegah gangguan Kuntilanak. Kehadiran Kuntilanak ditandai dengan adanya wangi Bunga Melati atau Kamboja di malam hari, Hantu ini biasa mengganggu dengan cara tertawa atau memperlihatkan eksistensinya dengan cara merayap di tanah atau langit - langit, duduk ditempat tinggi seperti pohon, atap rumah, atau berterbangan di langit. Di beberapa daerah percaya bahwa Kuntilanak bisa dibunuh dengan menancapkan paku pada bagian ubun - ubunnya. Cukup seram juga ya?

3. Genderuwo



5 Hantu Paling Terkenal Di Indonesia: Genderuwo
5 Hantu Paling Terkenal Di Indonesia: Genderuwo


Hantu yang memilik perawakan besar ini juga cukup terkenal di telinga masyarakat. Genderuwo/Genderuwa adalah hantu Pria yang memiliki tubuh seperti kera bertubuh besar dan hitam namun di beberapa daerah ada juga yang bertubuh hijau. Hantu ini merupakan jelmaan dari jin setan yang sering mengganggu manusia terutama wanita, dipercaya bahwa genderuwo memiliki nafsu yang tinggi, sehingga kadang Hantu ini mengganggu istri yang ditinggal lama oleh suaminya atau yang kesepian untuk "berhubungan". Wanita yang diganggu tidak akan curiga, karena genderuwo menyamar menjadi suami si istri. Tempat tinggal yang disukai genderuwo adalah pohon - pohon besar atau bangunan kuno. Selain mengganggu wanita Hantu ini juga terkadang mengganggu anak kecil dan berniat menculiknya ke alam Gaib. Sosok ini kadang muncul pada saat Maghrib atau malam hari. Di kepercayaan masyarakat yang lain, ada juga genderuwo yang memiliki sifat baik yang suka membantu mengkhitan/menyunati anak Sholeh yang belum disunat. Sosok baik ini berupa Kakek yang terlihat berwibawa.


4. Wewe Gombel



5 Hantu Paling Terkenal Di Indonesia: Wewe Gombel
5 Hantu Paling Terkenal Di Indonesia: Wewe Gombel


Hantu wanita ini memiliki ke-"unik"-an tersendiri, walau jika membayangkannya cukup menyeramkan. Hantu ini biasa bergentayangan tanpa busana, namun dengan wujud yang sangat menyeramkan. Wewe Gombel adalah hantu yang dipercaya muncul dari roh dari wanita yang menuduh suaminya selingkuh dan membunuhnya. Sosok Wewe Gombel di Daerah Sunda dipercaya sering menculik anak kecil. Bentuk tubuh yang dimiliki Wewe Gombel bermacam macam, namun pada umumnya Wewe Gombel memiliki payudara yang sangat mengerikan bentuknya yakni, panjang dan sampai berbelit Belit, kulitnya keriput, dan tubuhnya sangat kering kerempeng. Kemunculan Wewe Gombel biasa ditandai dengan suara binatang seperti Tokek atau Cicak, di malam hari.


5. Sundel Bolong



5 Hantu Paling Terkenal Di Indonesia: Sundel Bolong
5 Hantu Paling Terkenal Di Indonesia: Sundel Bolong


Dan yang terakhir menyeramkan adalah, Sundel Bolong. Hantu ini merupakan wujud balas dendam terhadap pelaku pembunuhan. Hantu ini merupakan jelmaan dari wanita yang dibunuh secara tidak wajar atau diperkosa, atau bahkan wanita hamil yang melahirkan di dalam kubur. Perwujudannya sangat mengerikan, sebut saja punggung yang Bolong sehingga terlihat organ dalam tubuh, dan bercucuran darah disertai belatung yang menggerogoti organ tubuhnya. Hantu ini sering mengganggu Pria dan kemunculannya ditandai bau busuk. Hantu ini sering sekali berterbangan dan diam di atap atap.
Nah Sahabat Ramaunik itulah


5 Hantu Paling Terkenal Di Indonesia


Cukup unik dan menyeramkan, bagaimana menurut sobat? Hantu mana yang paling menyeramkan? Atau mungkin sobat sudah biasa bertemu dengan mereka? Tunggu artikel selanjutnya dan Terimakasih sudah membaca ๐Ÿ˜€

4 komentar:

Hai Terimakasih sudah ingin mengomentari artikel ini ๐Ÿ˜ segala komentar akan diterbitkan langsung. Silahkan berkunjung kembali.