Selasa, 25 Oktober 2016

// // 2 comments

5 Fakta Unik Ular Berbisa

5 Fakta Unik Ular


Hai sobat Ramaunik! apa kabar? semoga sobat baik - baik saja. Kali ini kita akan membahas binatang yang cukup mengerikan bagi sebagin orang. Tidak memiliki kaki namun mematikan, betul sekali sobat kita akan membahas mengenai ular!

apa saja fakta dibalik ular yang sangat mematikan itu? kita mulai satu per satu di artikel


5 Fakta Unik Ular Berbisa


Ular Berbisa Ular raksasa
Ular Keren

Ular adalah Reptil yang memiliki tubuh panjang tak berkaki dan termasuk kedalam reptil. Bagi sebagian orang yang suka memelihara ular mungkin suka sekali melihat berbagai jenis ular dengan motifnya yang sangat unik, bahkan beberapa diantara kita mungkin ada yang hobinya memelihara ular. Mulai dari ular yang biasa hingga ular yang sangat berbisa, entah hanya untuk keindahan kulitnya atau untuk dijual lagi. Dibalik semua keunikan mereka terdapat beberapa Fakta yang menarik yang sobat harus ketahui, apa saja itu? kita mulai


1. Ular Hewan Reptil Tersukses Dalam Berkembang Biak


benar sekali sobat, bayangkan saja di hampir tiap daerah kita bisa menemukan ular. Pada Umumnya Ular bisa ditemukan di daerah tropis, hal ini cocok karena ular merupakan hewan berdarah dingin. Hewan ini bisa ditemukan di sawah, pasti sobat sudah biasa, ditemukan di pegunungan, di gurun pasir, di dataran rendah, di pemukiman penduduk, bahkan sampai di lautpun ada ular. Namun sobat tidak akan menemukannya di puncak gunung, Daerah Padang Salju, atau di daerah kutub.
Faktanya Ular sebetulnya lebih banyak hidup dari dahan pohon yang satu ke dahan pohon yang lain terus seperti itu berkelana sepanjang hidupnya, dan jarang sekali Ular ditemukan diatas tanah. Namun ada beberapa spesies yang sering melata diatas tanah, itupun hidupnya disemak serasah di tumpukan bebatuan, atau di tempat - tempat yang berantakan dan tertutup. Ular juga bisa ditemukan di sungai, rawa, danau, dan bahkan di laut.
Saking banyaknya populasi ular ini, maka cocok Ular untuk dinobatkan sebagai hewan tersukses dalam perkembangbiakkan.

2. Ular Bisa Memakan Manusia.

Benar sekali sobat Ular itu bisa memakan manusia. Nah dasar dari ular bisa memakan manusia adalah ular merupakan hewan karnivora.
Ular yang hidup di pepohonan seringkali memakan burung, Mamalia, Kodok, Kadal, dan jenis - jenis reptil lainnya. Bahkan Ular seringkali memakan bersama telur - telurnya. Seperti telur burung misalnya.
Ular yang hidup di daratpun memangsa mamalia seperti tikus dan jenis reptil yang melata diatas tanah. Sedangkan Ular yang hidup di air seringkali memakan berudu, katak, ikan, dan tidak lupa bersama telurnya juga. Kesimpulannya Ular itu memakan daging atau hewan yang berukuran lebih kecil dari tubuhnya. Tapi ada beberapa jenis Ular yang bisa memakan hingga 3 kali ukuran tubuhnya bahkan yang sangat besar. Seperti Ular Sanca Kembang, Ular ini seringkali memakan makanan dengan ukuran yang cukup besar. Sebut saja seperti Kijang, Domba, Kambing, bahkan Manusia. Hal ini disebabkan karena rahang Ular Bisa memisah artinya rahang atas dan bawah di menyatu. 
Dari semua jenis Ular ada kesamaan yaitu, Taringnya yang menghadap ke belakang, Taring ini berfungsi untuk mencegah atau menahan mangsanya keluar dari mulutnya. Ularpun terbiasa memakan mangsanya kepala terlebih dahulu.

3. Ular Tidak Membaui Mangsa Dari Hidung

Nah yang satu ini sangat unik karena ternyata ular itu tidak Membaui mangsanya melalui hidung loh. Lantas darimana?
Tahukah sobat bahwa ularpun tidak memiliki indera penglihatan yang cukup bagus, jadi Ular itu hanya bisa melihat dengan jarak yang dekat sedangkan untuk objek yang jauh Ular akan kesulitan untuk melihatnya. Ular juga tidak memiliki indera pendengaran yang baik karena tidak memiliki daun telinga dan bahkan tidak memiliki gendang telinga.
Ular Bisa Membaui mangsanya justru menggunakan Lidahnya yang bisa mendeteksi bau di udara. Namanya Organ Jacobson. Jadi mereka Membaui mangsanya melalui Lidah.
Apakah ada cara lain untuk mengetahui ada mangsa? Ada tentunya! Ular mengandalkan sisiknya untuk mendeteksi getaran yang ada disekitar tubuhnya. Seperti getaran yang dihasilkan langkah kaki manusia atau getaran yang dihasilkan oleh hewan lain, akan terdeteksi oleh sisik ular.
Beberapa jenis Ular bahkan bisa mendeteksi perubahan suhu! Hebat sekali bukan? Contohnya Ular Tanah. Ular ini bahkan bisa mendeteksi perubahan suhu yang disebabkan oleh adanya kedatangan hewan atau mangsa yang lain. Organ ini bisa mendeteksi pancaran kalor yang dihasilkan oleh hewan berdarah panas.

4. Ular Tidak Bisa Mengunyah

Nah ini fakta yang unik sekali, mungkin beberapa diantara kita baru sadar bahwa Ular benar - benar tidak bisa mengunyah makanan. Posisi dan bentuk gigi yang dimiliki Ular Tidak Bisa digunakan untuk mengunyah. Apakah sobat bisa membayangkan posisi gigi taring yang tajam dan menghadap ke belakang? Susah bukan untuk digunakan sebagai alat pengunyah? Posisi gigi dan bentuk gigi seperti ini hanya berfungsi untuk menahan mangsanya supaya tidak keluar pada saat dimakan.
Uniknya justru Ular memakan mangsanya secara ditelan bulat - bulat loh kawan! Agar mudah pada saat menelan mangsanya Ular biasanya memangsa melalui kepala terlebih dahulu.
Beberapa jenis Ular membunuh mangsanya dengan cara melilitkan tubuhnya hingga mangsa tidak dapat bernafas sama sekali. Contohnya seperti Ular tikus yang biasa makan tikus pasti dililit terlebih dahulu.
Sedangkan untuk Ular berbisa. Biasanya akan menggigit mangsa terlebih dahulu untuk menusuk bisa yang bisa melumpuhkan sistem pernapasan dan syaraf jantung. Bisa ini sering disebut Neurotoksin. Sedangkan di beberapa jenis yang lain menyerang sistem peredaran darah yang disebut Hemotoksin. Uniknya Bisa ini bisa melumpuhkan mangsanya hanya dalam waktu beberapa menit saja. Dan boom! Mati.
Bisa yang dikeluarkan oleh Ular biasanya mengandung enzim pencerna yang bisa membantu pencernaan mangsanya ketika mencapai perut. 

5. Ular Takut Pada Manusia

Betul sekali sobat jadi sebenarnya manusia tidak perlu takut lagi pada Ular. Karena justru Ular Takut Pada Manusia. Buktinya Ular akan mengangkat kepalanya atau melata dengan cepat jika merasa terancam, dan ini terjadi ketika manusia mendekati Ular. 
Ular Takut Pada Manusia, jadi manusia tidak perlu takut pada Ular karena untuk melarikan diri dari ularpun sangat mudah. Ular tercepat di dunia saat ini, yaitu Ular mamba hanya bisa melata 11 km/jam. Sedangkan manusia bisa berlari dengan kecepatan 16 - 24 km/jam. Jadi ketika takut ada Ular larilah, maka akan selamat.

Demikian sobat Artikel 

5 Fakta Unik Ular Berbisa

Jangan lupa untuk datang kembali dan comment serta bagikan artikel ini ya. Terimakasih sudah membaca.

2 komentar:

  1. kalau boleh tau, kenapa ya ular takut sama manusia?

    BalasHapus
  2. Hewan itu cenderung takut dan merasa terancam oleh hewan yang lebih besar gan.. jadi Automatis Ular Takut sama manusia.. kaya kucing takut anjing misalnya. Karena memang tubuhnya yang lebih besar daripada kucing. Terimakasih telah berkunjung silahkan datang kembali ๐Ÿ˜€

    BalasHapus

Hai Terimakasih sudah ingin mengomentari artikel ini ๐Ÿ˜ segala komentar akan diterbitkan langsung. Silahkan berkunjung kembali.