Selasa, 18 Oktober 2016

// // 4 comments

5 Fakta Anjing Yang Kamu Harus Tahu

5 Fakta Anjing Yang Kamu Harus Tahu


Hai sobat Ramaunik! Kembali lagi bersama saya di Postingan yang kesepuluh ๐Ÿ˜€ kali ini kita akan membahas hewan yang sangat akrab dengan kebiasaan manusia, dekat dan sering menjadi teman sejati manusia. Ya Anda benar, ini adalah Anjing. Di pembahasan kali ini kita akan mengulas

5 Fakta Anjing Yang Kamu Harus Tahu

Apa saja itu? Mari kita berbagi ilmu.


1. Anjing Berasal Dari Serigala.



Anjing berasal dari Serigala
Anjing dan Serigala


Benar sekali kawan, anjing itu berasal dari serigala. Bagaimana mereka bisa menjadi teman dekat manusia?
Pada zaman dahulu manusia sudah mengenal hewan peliharaan dan merek hendak memelihara hewan yang benar benar bisa menemani manusia dalam berbagai kondisi seperti perburuan atau menjaga keamanan manusia. Ditemukanlah serigala. Penelitian menyebutkan bahwa anjing sudah dekat dengan manusia dengan cara domestifikasi dari serigala sejak Lima Belas Ribu Tahun yang lalu (15.000 tahun) bahkan ada yang menyebutkan seratus ribu tahun yang lalu (100.000 tahun) hasil - hasil ini tentunya bukan perkataan belaka, para peneliti melakukan riset dengan tes DNA dari penemuan fosil. 
Domestifikasi secara singkat adalah penjinakan hewan liar oleh manusia. 
Bukti bahwa Anjing adalah domestifikasi dari Serigala pertama kali ditemukan di Asia Timur, ada yang menyebutkan di daerah sekitar Tiongkok. Manusia di Amerika Utara membawa anjing dari Asia untuk dijinakkan fosil disana diteliti, hasilnya mereka berhasil diketahui jenisnya. Diantaranya anjing Shiba, Basenji, dan Sharpei. Yang mayoritas adalah ras anjing tertua di dunia yang pertama kali ditemukan di Asia. Maka dari itu teori bahwa Anjing pertama ditemukan di Asia dapat dipercaya, karena ras tertua pertama kali di temukan di negara asia seperti Jepang dan China.


2. Anjing Hewan Sosial



Anjing dekat dengan Manusia
Anjing dan Manusia


Sama seperti manusia, Anjing sebetulnya memiliki sifat sosial yang berarti saling membutuhkan dan tidak bisa hidup sendiri.
Kalau dilihat dari pola perilakunya Anjing memiliki kesamaan dengan manusia seperti, tinggal bersama manusia, berinteraksi dengan anjing yang lainnya, bisa diajak bermain dalam bentuk apapun, patuh terhadap tuannya, dan serangkaian pola kehidupan yang lain yang biasa dilakukan manusia hampir dimiliki anjing pula.
Anjing memiliki tingkat kesetiaan yang tinggi dan pengabdian bagus terhadap sesuatu yang dicintainya seperti manusia atau barang kesukaannya. Konsep ini dikenal dengan konsep cinta dan persahabatan. Anjing selalu patuh terhadap tuan yang menyayanginya dan cenderung menjaga terhadap orang yang dikenalnya. Manusia seringkali menjadikan Anjing sebagai anggota keluarga karena perilakunya yang hebat ini. Sebaliknya Anjing pun menganggap manusia sebagai anggota keluarganya atau kawanannya ketika sudah dekat, hal ini dibuktikan dengan adanya gonggongan jika majikannya terlihat dalam bahaya. Sangat bersifat sosial dan melindungi ya? 


3. Anjing Hewan Cerdas



Anjing Hewan Cerdas
Anjing Cerdas


Beberapa anjing bisa meloncati lingkaran, pura - pura mati, atau bertingkah seperti manusia. Hal ini menunjukkan bahwa Anjing memiliki kecerdasan yang cukup tinggi dibandingkan dengan hewan - hewan yang lainnya. Namun tingkat kecerdasan ini tergantung pada ras anjing sendiri. Border Collie misalnya, terkenal sebagai anjing yang sangat patuh dan mampu menjalankan semua perintah majikannya. Anjing ini biasanya digunakan sebagai penggembala hewan ternak seperti domba.
Anjing yang berasal dari serigala yang hidup berkelompok menjadikan hewan ini mudah untuk diperintah, karena hewan yang hidup berkelompok memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi karena sudah dilatih oleh pemimpinnya. Saking cerdasnya jika anjing terlatih sebagai penunjuk jalan bagi Tuna Netra. Maka dia bisa mengenali berbagai macam mara bahaya bagi tuannya.


4. Anjing Karnivora atau Omnivora?



Anjing
Karnivora atau Omnivora?


Apakah pernah terpikir oleh sobat? Anjing itu sebetulnya Karnivora atau Omnivora. Sayangnya ilmuan sekarang masih berdebat dikelompokkan kedalam hewan apa hewan ini. Jika dimasukkan kedalam golongan Karnivora namun pada kenyataannya Anjing tidak hanya memakan daging, sehingga tidak bisa dikelompokkan dalam Karnivora, seperti pada kucing misalnya, dia adalah Karnivora sejati karena memiliki usus yang kecil dan pendek. Dan memang protein tertentu yang dibutuhkan kucing ada di makanan Karnivora. Sedangkan anjing bisa memenuhi kebutuhan dasarnya tanpa harus makan daging melulu. Namun fakta lain menunjukkan bahwa Anjing bisa mencerna berbagai makanan, termasuk sayur mayur. Bahkan anjing liar memakan tumbuhan untuk memenuhi asam amino yang dibutuhkannya. 


5. Coklat dan Sebagian Makanan Manusia Berbahaya Bagi Anjing



Coklat anjing
Coklat Bahaya Bagi Anjing


Makanan yang dikonsumsi oleh manusia belum tentu cocok untuk Anjing. Bahkan beberapa diantaranya bisa menimbulkan keracunan dan yang paling parah adalah kematian. Penyebabnya adalah coklat. Coklat membuat Anjing keracunan karena kandungan teobromina yang ada di kakao. Senyawa kimia ini dianggap racun oleh pencernaan anjing sehingga anjing biasannya mengeluarkan makanan dengan cara memuntahkannya. Namun Teobromina menyebabkan Anjing keracunan dan yang fatal kematian. Makanan hewan yang berbahaya lain adalah bawang Bombay, pemanis buatan, anggur, dan kacang makadamia.
Perlu dicatat bahwa Anjing sangat tidak dianjurkan diberi tulang yang tidak direbus terlebih dahulu, karena pecahan tulang yang keras bisa menyebabkan luka pada pencernaan Anjing. Maka dari itu jika kita akan memberi tulang, rebuslah terlebih dahulu supaya tidak membahayakan kesehatan Anjing. 


Bagaimana sobat Artikel kali ini? Kemukakan pendapat sobat di kolom komentar dan terimakasih sudah membaca

5 Fakta Anjing Yang Kamu Harus Tahu

Silahkan datang kembali ๐Ÿ˜

4 komentar:

  1. Klu doggy tuh dikasih tulangapa bagusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulang apa saja boleh, asal direbus terlebih dahulu

      Hapus
  2. Apa yg hrs dilakukan ketika anjing tak sengaja memakan coklat selain menghubungi dokter terdahulu?

    BalasHapus
  3. biasanya aku beliin makanan kalengan gitu sih

    BalasHapus

Hai Terimakasih sudah ingin mengomentari artikel ini ๐Ÿ˜ segala komentar akan diterbitkan langsung. Silahkan berkunjung kembali.