Selasa, 11 Oktober 2016

// // 4 comments

5 Alat Listrik Rumah Yang Mungkin Kamu Salah Sebut

5 Alat Listrik Rumah Yang Mungkin Kamu Salah Sebut
Hai Sahabat Ramaunik! ๐Ÿ˜€ Di Postingan kedua ini kita akan berbagi ilmu pengetahuan baru mengenai listrik. Peralatan dibawah ini pasti sering kamu temui sehari-hari tapi, kita berani bertaruh pasti ada alat yang tidak kamu ketahui namanya. Apa saja peralatan listrik itu? Berikut pembahasannya


5 Alat Listrik Rumah Yang Mungkin Kamu Salah Sebut


1. Stop Kontak (Electrical Outlet)




5 Alat Listrik salah Sebut: Stop Kontak
5 Alat Listrik: Stop Kontak


Nah Alat ini pasti kita semua sering melihatnya di rumah, kamu sering menggunakannya untuk recharge Smartphone kamu, bahkan didalam satu rumah memiliki lebih dari satu Stop Kontak, tergantung kebutuhan dan banyaknya peralatan yang perlu dialiri listrik.
Stop Kontak (Electrical Outlet dalam Bahasa Inggris) adalah alat penghubung atau muara yang mengalirkan arus listrik dari sumber ke peralatan listrik. Apa bedanya dengan Terminal? Terminal adalah kata yang menyatakan banyak jumlah Stop Kontak, di Indonesia ada yang berjumlah satu, dua, tiga, bahkan enam. Biasanya Stop Kontak bisa ditemui di Tembok atau yang dihubungkan, dan masing masing ruangan memiliki stop Kontak dengan jumlah yang bervariasi. Bentuk dari Stop Kontak ini mayoritas sama, bergantung di negara mana kamu tinggal atau jenis stekker yang digunakan. Setiap negara memiliki standar masing - masing. Nah, untuk yang kiri dari gambar ini, itu di Indonesia kalau yang kanan itu standar Stop Kontak di Amerika.


2. Stekker (Electrical Plug)




5 Alat Listrik salah Sebut: Stekker
5 Alat Listrik salah Sebut: Stekker


Kalau tadi kita membahas mengenai Stop Kontak maka pada bagian ini kita membahas pasangannya yaitu, Stekker.
Stekker (Electrical Plug dalam Bahasa Inggris) adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan dan menghantarkan listrik dengan sumber listrik yang dimuara oleh Stop Kontak. Pasti kamu sebut ini "colokan" ya? Atau mungkin "colokan listrik?" Kadang memang sedikit membingungkan menjelaskan hal ini ketika ingin membeli alat listrik ketika tidak tahu apa nama atau istilahnya. Sekarang kita sudah tahu sob, ini adalah Stekker. Stekker inipun ada berbagai macam jenisnya, tergantung dimana kamu tinggal. Nah untuk gambar yang kiri, itu Stekker di Indonesia. Sedangkan yang kanan, Stekker standar internasional. Bentuk dari Stekker tidak semata - mata didesain sekemauan sendiri, tapi perbedaan bentuk Stekker membedakan juga jumlah Output dan Input yang dikeluarkan.


3. Saklar




5 Alat Listrik salah Sebut: Saklar
5 Alat Listrik salah Sebut: Saklar


Sering dipencet bulak - balik dan biasanya di Indonesia digunakan untuk menyalakan atau mematikan lampu.

Saklar adalah perangkat yang berfungsi untuk memutus atau menghubungkan aliran listrik. Sebetulnya fungsi saklar itu bukan hanya sekedar mematikan atau menyalakan lampu, kalau kita melihat tombol power ON/OFF pada Smartphone sobat, pada Laptop/PC Sobat, Tombol menyalakan pada TV atau pada perangkat elektronik lain untuk menyalakan alat itu, nah itupun disebut dengan saklar. Saklar pun memiliki berbagai jenis, ada yang dua saklar, ada tiga saklar, atau ada saklar yang menyatu dengan Stop Kontak. 


4. Fitting





5 Alat Listrik salah Sebut: Fitting
5 Alat Listrik salah Sebut: Fitting


Fitting adalah tempat untuk memasang lampu bola lampu listrik. Ini biasa kita sebut tempat lampu, ya istilah yang benar dalam dunia listrik adalah fitting. Berdasarkan jenisnya fitting dibagi menjadi tiga:



  • Fitting Langit - langit, ini fitting yang paling banyak ada di rumah ditempel di langit - langit, untuk memasangnya diperlukan Roset untuk meyekrup fitting.
  • Fitting Gantung, dari namanya kita sudah bisa membayangkan Fitting ini dipasang secara menggantung
  • Fitting Water Proof, Fitting ini dipasang di tempat yang mudah terpercik oleh air, misalnya kamar mandi, atau ruangan luar rumah yang bisa terkena hujan.


5. Sekring




5 Alat Listrik salah Sebut: Sekring
5 Alat Listrik salah Sebut: Sekring yang Kanan


Nah alat yang satu ini adalah penyelamat rumah kita dari kebakaran, mengapa bisa? Karena Sekring berjalan dengan cara memutus hubungan listrik. Maka apabila ada hubungan pendek arus listrik sekring langsung memutus. Ada dua jenis sikring.



  • Sekring Automatis, yaitu sekring yang memiliki kemampuan menghubungkan kembali arus listrik jika sudah stabil.
  • Sekring Manual, adalah Sekring yang harus kita hubungkan kembali jika sudah memutus aliran listrik.


Bagaimana sahabat Ramaunik? Artikel ini?

5 Alat Listrik Rumah Yang Mungkin Kamu Salah Sebut 

Sekarang ilmu kita semakin bertambahkan? Kalau sobat suka artikel ini, balik lagi ya ke blog ini kita tambah wawasan dan kecerdasan bersama. Terimakasih sudah membaca ๐Ÿ˜

4 komentar:

  1. ga bingung lagi kalau beli ke toko listrik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih telah berkunjung :)

      Hapus
  2. Jadi tahu nih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Koko, silahkan datang kembali :)

      Hapus

Hai Terimakasih sudah ingin mengomentari artikel ini ๐Ÿ˜ segala komentar akan diterbitkan langsung. Silahkan berkunjung kembali.