Sabtu, 15 Oktober 2016

// // 1 comment

5 Fakta Unik Corning Gorilla Glass

5 Fakta Unik Corning Gorilla Glass

Hai sobat Ramaunik bertemu lagi di postingan yang kedelapan!๐Ÿ˜€ Kali ini kita akan membahas kaca yang paling populer digunakan oleh banyak sekali perangkat bergerak di dunia ini. Dia adalah Corning Gorilla Glass. Apa saja fakta menarik dibalik hadirnya kaca Corning Gorilla Glass ini? Simak ulasannya di

5 Fakta Unik Corning Gorilla Glass

Teman - teman pasti sudah banyak mengenal kaca dengan daya tahan yang sangat kuat ini. Berbagai cara untuk "melukai" kaca ini sering sekali dijadikan sebagai eksperimen percobaan untuk menguji berapa kuat sebetulnya Corning Gorilla Glass itu.


1. Corning Gorilla Glass Berdiri Sejak 1960


Gorilla Glass
Gorilla Glass


Terkesan dengan kekuatan Corning Gorilla Glass? Sudah tahukah kawan bahwa perusahaan yang fokus pada produksi kaca super kuat ini sudah berpengalaman dalam bidang yang sedang digelutinya. Bagaimana tidak? Perusahaan raksasa asal Amerika ini sebetulnya telah berdiri sejak 1960 dengan fokus membuat kaca kuat namun ringan dengan campuran bahan kimia. Namun pada tahun itu Corning Inc. Masih bingung ingin digunakan sebagai apa kaca tersebut. Selang beberapa waktu Race Car Dodge Dart dan Plymouth Barracuda meminta 100 lembar kaca untuk mobil sebagai pengurangan berat badan mobil agar kecepatannya semakin meningkat.


2. Steve Jobs Mengenal Lebih Dulu Corning Gorilla Glass


Steve Jobs
Gorilla Glass di iPhone


Perusahaan raksasa Apple ternyata sudah lama bekerja sama dengan Corning Inc. Pada saat perancangan Smartphone pintar IPhone tipe prototype (belum diproduksi masal) dari Apple, Steve menemukan masalah pada saat Ia menyimpan smartphonenya didalam saku yaitu selalu terkena tekanan dan goresan dari Kunci mobil. Akhirnya Ia perlu mencari solusi atas masalahnya tersebut salah satunya dengan menghubungi Wendell Weeks CEO dari Corning Inc. Namun sayangnya Weeks Mengatakan bahwa produksi untuk Gorilla Glass sudah dihentikan sejak 1960, Steve mencoba meyakinkan CEO Corning Inc. Itu Bahwa iPhone membutuhkan kaca tersebut untuk konsumen, akhirnya Gorilla Glass mulai diproduksi sesuai permintaan Steve. Pabrik Corning di Harrodsburg, Kentucky berhasil memenuhi permintaan tersebut dalam waktu 6 Bulan. Dan Gorilla Glass pertama muncul pada bulan Juni 2007.


3. Diperkuat di suhu 400 °C


Gorilla Glass 2
Gorilla Glass Testing


Pernahkan sobat memikirkan bagaimana cara untuk membuat kaca dari Gorilla Glass? Inilah cara pembuatannya.
Sebetulnya kaca yang digunakan diperkuat melalui pergantian ion. Pertama - tama kaca tersebut ditempatkan di Garam Kalium yang tentunya dalam bentuk cair pada suhu yang sangat panas yaitu 400 °C sangat panas sekali pastinya. Di dalam kaca ada ion Sodium yang lebih kecil digantikan oleh ion Potassium yang lebih besar dan mengisi ruangan sehingga kepadatannya bertambah lalu saat kaca tersebut mendingin maka kaca tersebut ditekan dan menghasilkan lapisan tegangan pada permukaannya. Selain itu ada bahan khusus pada Gorilla Glass yaitu Ion Kalium, ketika ditekan ion ini dapat menyebar ke permukaan kaca, benda inilah yang melindungi kaca dari benda atau kegiatan sehari - hari seperti tergores atau disimpan dipermukaan yang kasar.


4. Menampilkan Gambar Jernih dan 3D


Glass
Gorilla Glass


Gorilla Glass saat ini bisa menampilkan layar lebih jernih daripada layar biasa, berbagai resolusi Smartphone atau perangkat yang menggunakan kaca ini disuguhi warna yang sangat jernih dari kaca Gorilla Glass, seperti Layar pada Handphone Xiaomi, Samsung, dan iPhone. Tapi Gorilla Glass tidak hanya fokus pada layar smartphone layar pada TV pun mulai menggunakan Gorilla Glass. Hal ini karena mulai merambahnya TV Pintar berbasis sentuhan, karena Gorilla Glass tipis dan kuat serta ringan maka Gorilla Glass menjadi pilihan tepat sebagai kaca yang sudah dilengkapi perlindungan. Selain gambar yang dihasilkan jernih saat ini Gorilla Glass bisa menampilkan resolusi gambar yang sangat tinggi hingga 1080p atau Full HD. (Full High Definition) dan juga dapat menampilkan layar 2.5D dan 3D.


5. Digunakan 4.5 Milliar Perangkat


Corning Gorilla Glass
4.5 pengguna Gorilla Glass


Pada tahun 2016 seluruh produksi Gorilla Glass telah digunakan oleh lebih dari 4.5 Miliar perangkat bergerak di dunia, mulai dari smartphone hingga Televisi. Hingga saat ini Corning Inc. tidak bingung lagi untuk apa produksi kaca kuat dikeluarkan. Bahkan inovasi - inovasi yang dikeluarkan oleh Corning Inc. Semakin kuat semakin menawan, tercatat hingga saat ini ada 5 jenis Corning Gorilla Glass dan yang terakhir saat ini adalah Corning Gorilla® Glass 5.

Bagaimana sobat? Tertarik untuk menguji kaca ini? Menurut sobat apakah artikel

5 Fakta Unik Corning Gorilla Glass

ini membantu menambah wawasan sobat? Terimakasih sudah membaca ๐Ÿ˜

1 komentar:

  1. great, the glass must have really tough and as strong as gorilla

    BalasHapus

Hai Terimakasih sudah ingin mengomentari artikel ini ๐Ÿ˜ segala komentar akan diterbitkan langsung. Silahkan berkunjung kembali.